Rabu, 13 Juni 2007

Mantan Napi 'Serbu' Komnas HAM

13/06/2007 06:50 WIB Djoko Tjiptono -

detikcom, Jakarta - Sejumlah mantan narapidana (napi) akan mendatangi kantor Komnas HAM. Mereka meminta Komnas HAM mendesak pemerintah lebih memperhatikan nasib napi di seluruh Indonesia."Jam sebelas nanti kita akan ke Komnas HAM," kata juru bicara Persatuan Napi Seluruh Indonesia (NAPI), Susongko Suharjo kepada detikcom, Rabu (13/6/2007).

Susongko mengatakan, saat ini nasib napi di Indonesia sangat memprihatinkan. Banyak hak yang tidak mereka terima sebagaimana mestinya."Misalnya hak asimilias atau remisi. Kalau pun dapat, hitungannya tidak sesuai dengan aturan," ujar mantan Wakil Sekjen KPU ini.

Susongko sendiri adalah mantan napi yang divonis 2,6 tahun penjara. Dia dinyatakan terbukti bersama-sama dengan anggota KPU Mulyana W Kusumah, mencoba menyuap anggota BPK, Khairiansyah Salman."Saya tidak ingin pengalaman pahit selama ditahanan berulang pada napi yang lainnya," ungkap Susongko.

NAPI sendiri diketuai oleh tokoh pemuda asal Timor Timur Eurico Gueteres. Tokoh lainnya yang tergabung dalam organisasi ini antara lain, aktor Roy Martin dan mantan Kabulog Rahadi Ramelan."Tapi Pak Rahadi nanti tidak hadir karena baru berangkat ke Jerman kemarin," pungkasnya. (djo/ary)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/06/tgl/13/time/130901/idnews/793224/idkanal/10



0 komentar:

Posting Komentar